Fungsi-fungsi Perangkat Keras (Hardware)

Hello every badeeeh, di hari yang sumuk ini aku mau posting tentang fungsi-fungsi hardware. Yuk cus~

Processor/CPU

  • Chipset: Secara fisik, chipset berupa kumpulan IC kecil atau chips yang di rancang untuk bekerjasama dan memiliki fungsi-fungsi tertentu pada sistem hardware komputer.
  • Socket:
    Socket merupakan sebuah komponen mekanik yang melayani koneksi mekanikal dan elektrikal antara mikroprocessor dan PCB (Printed Circuit Board).
    Fungsi dari socket diantaranya:
    1. Memudahkan mengganti processor sesuai jenis socket
    2. Mengunci processor agar tidak mudah goyang
    3. Menghubungkan antara PCB (motherboard) dengan Processor
  • Speed:Terdapat empat cara untuk mengukur kecepatan pemrosesan, yang akan dibahas berikut ini.Mikrokomputer: kecepatan mikroprosesor mikrokomputer masa lalu dinyatakan dalam megahertz (MHz). sebuah ukuran frekuensi yang ekuivalen dengan 1 juta cycle (detak system clock) per detik. PC IBM pertama memiliki clock speed 4.77 MHz yang ekuivalen dengan 4.77 juta cycle per detik. Prosesor generasi terbaru buatan AMD dan Intel beroperasi dalam satuan Gigahertz (GHz) atau satu miliar per detik. Beberapa ahli memperkirakan bahwa pada tahun 2010 akan ditemukan prosesor berkecepatan 50 GHz, sebuah angka yang cukup tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk menjalankan fungsi-fungsi semisal antarmuka bersuara manusia dan penerjemah suara yang sesungguhnya. Akan tetapi, semakin cepat CPU, maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan dan makin tinggi pula panas yang dihasilkan. Oleh karena itu, daripada meningkatkan clock speed, yang membutuhkan transistor lebih kecil dan kiat-kiat teknik khusus, produsen chip seperti AMD dan Intel saat ini lebih berkonsentrasi untuk membuat inti CPU kedua dan menjalankan secara paralel (teknologi multicore atau dualcore).

    Workstation, Minikomputer dan Mainframe: kecepatan pemroses juga dapat di ukur berdasarkan jumlah instruksi per detik yang dapat di proses komputer. MIPS adalah singkatan dari “million of instuctions per second” atau jutaan instruksi per detik. MIPS digunakan untuk menghitung kecepatan pemrosesan pada mainframe, minikomputer, dan workstation. Sebuah workstation bisa berkecepatan 100 MIPS atau lebih, sedangkan mainframe berkisar antara 200 – 1.200 MIPS.

    Superkomputer Flops adalah kecepatan dari “floating point operations per second”. Operasi floating point sendiri merupakan kalkulasi matematik khusus. Satuan ini terutama digunakan pada superkomputerdan dinyatakan dalam megaflop (mflops atau jutaan operasi floating point per detik),gigaflop (Gflops), dan teraflop(tflops). Superkonduktor IBM blue Blue Gene/L berkecepatan 280,6 teraflop. Nantinya kecepatan superkonduktor baru akan di hitung dalam satuan petaflop.

    Semua jenis komputer: Cara lain untuk menghitung waktu cycle adalah dalam satuan fraksi per detik. Sebuah mikrokomputer beroperasi dalam mikrodetik. Sedangkan superkomputer dalam nanodetik atau pikodetik. Satu milidetik sama dengan seperseribu detik. Satu mikrodetik adalah seperjuta detik. Satu nanodetik adalah sepermiliar detik dan satu piko detik adalah sepertriliun detik.

Memory/RAM

  • Chipset:
    1. Mempercepat akses data pada komputer
    2. Meringankan kerja prosessor
    3. Menjembatani perbedaan kecepatan antara cpu dan memori utama
    4. Mempercepat kinerja memori
  • Speed:
    1. Angka dibelakang huruf DDRyyy adalah frekuensi-kerja (bukan frekuensi clock) chip memory, atau disebut  data-rate yaitu berapa kali terjadi transfer data dalam 1-detik. Parameter inilah yang sebenarnya paling cocok untuk menyatakan kecepatan maksimum suatu modul RAM.
    2. Sedangkan angka dibelakang huruf PCxxxx adalah angka kemampuan maksimum transfer bit data atau disebut transfer-rate dalam MByte. Tetapi mesti dicatat bahwa angka transfer-rate hanya bisa dicapai pada clock FSB yang di-spesifikasikan.
    3. Dua hal diatas memang bisa digunakan untuk menyatakan spesifikasi kecepatan maksimum suatu modul RAM, tetapi kecepatan saat operasional modul RAM perlu memperhitungkan faktor Timing (pewaktuan) yang juga merupakan parameter penting dalam spesifikasi RAM. Sayangnya parameter ini hanya dicantumkan dalam label modul RAM kelas “atas”.

    Pada manual motherboard, biasanya disebutkan spesifikasi frekuensi (FSB) dari slot RAM. Hal ini perlu diperhatikan jika ingin membeli modul RAM yang cocok dengan motherboard.

Motherboard

  • Chipset:  Bagian pertama dan terpenting dari sebuah motherboard adalah chipset, yang berfungsi sebagai penghubung antarmuka antara processor dengan macam-macam komponen eksternal dan buses. Jenis chipset inilah yang dapat menentukan dan menilai fitur dan kemampuan sebuah motherboard.Ada dua kelompok chipset yang umum kita temui di pasaran. Kelompok chipset intel, yang hanya bisa digunakan untuk CPU Intel, dan chipset AMD untuk processor keluaran AMD. Kedua kelompok ini pun terbagi lagi kepada berbagai macam jenis generasi chipset yang terus berkembang.
  • Slot: Tempat “bersemayamnya” processor pada motherboard. Sama seperti chipset, socket ini pun terbagi kepada berbagai macam jenis, tergantung dari jenis processor yang didukungnya.
  • Southbridge: Peripheral kontroler terintegrasi VIA VT8235 yang mensupport berbagai I/O fungsi termasuk 2-channel ATA/133 bus master IDE controller, asmpai 6 port USB 2.0, nterface LCP super I/O, interface AC’97 dan PCI 2.2.

Hard Drive

  • Chipset: Untuk menganaliasai dan mengkonfigurasi selulruh peralatan tambahan. Fungsi umum chipset adalah untuk mengatur aliran data antar komponen yang terpasang pada motherboard.

Network Card

  • Chipset: Network Card Chipset sebuah antarmuka pengendali jaringan (NIC) (juga dikenal sebagai kartu antarmuka jaringan, adapter jaringan, LAN adapter dan dengan istilah yang serupa) adalah komponen hardware komputer yang menghubungkan komputer ke jaringan komputer.

Video Graphics Array (VGA) adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

Video Graphics Array (VGA) ini biasa dinamakan juga dengan video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. Istilah VGA sendiri juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dan IGM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Peripheral

Peripheral komputer merupakan peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan – keperluan lain. Misalnya koneksi jaringan, mencetak, atau mengambil gambar dan lain-lain.

Contoh:

1.Keyboard

Gambar
Fungsi:  memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

2.Mouse

Gambar

Fungsi:  untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.

3.LIGHT PEN

Gambar

Fungsi: Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya memiliki sensor elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi juga mampu membaca kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer.

4.TRACK BALL

Gambar

Fungsi:  sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran. Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse.

5.Touch pad

Gambar
Fungsi:  sebagai pengganti :mouse pada laptop/notebook..

6.JOY STICK

Gambar

Fungsi:  untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil. Dapat juga berfungsi sebagai mouse.

7.JOY PAD/GAME PAD

Gambar

Fungsi:  sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.

8.Microphone

Gambar

Fungsi : untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer dan untuk berbicara saat sedang chatting.

9.Webcam

Gambar

Fungsi untuk mengambil gambar/video untuk ditransfer ke internet.

10.Scanner

Gambar
Fungsi:  untuk menyalin/mengambil gambar file dari luar komputer yang hasilnya      akan ditampilkan di komputer.

11.Optical Disc Drive

Gambar

Fungsi: Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya..

12.Barcode

Gambar

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

13.digital camera

Gambar

fungsi: Menangkap obyek gambar yang akan  ditampilkan ke layar komputer untuk  diproses lebih lanjut

Leave a comment