Tutorial Penggunaan Mail Merge

Di malam yang sesunyi ini aku sendiri tiada yang menemani~ akhirnya aku putusin buat posting ini deh u,u

At this moment aku bakal jelasin cara buat ngasih nama secara otomatis ke undangan yang bakal kamu buat, jadi gak usah nulis satu-satu gitu. Undangan nikahan juga boleh, persiapan buat masa depan :3

First step, kamu harus nulis dulu daftar nama temen yang bakal kamu undang di Ms. Excel. Letaknya harus di pojok kiri atas yaa. Kayak gini nih:

excel

Habis itu save dulu dokumennya.

Nah step ke dua, buka Ms. Word dan desain undangan masa depanmu se-unyu mungkin. Setelah semuanya selesai, klik mailings terus pilih start mail merge. Klik pilihan normal word document. After that, klik select recipients > use existing list. Nanti akan muncul jendela baru, pilih dokumen excel yang udah kamu save tadi terus klik open.

Step selanjutnya, klik di bagian to atau kepada (buat siapa undangan itu dituju) di undanganmu, trus klik insert merge field > pilih ‘nama’ (sesuai yang ada di dokumen excelmu). Pasti ntar bakal muncul <<NAMA>>, kalo step kalian bener sih wkwk :p

undangan

 

Oh plis jangan ngetawain undanganku -____-

And the final step is.. Jeng jeeeng.. klik preview results. Tulisan yang tadi <<NAMA>> akan berubah menjadi nama temen kamu yang ada di dokumen excel tadi 😀

 

nam

Yup gitu doang kok caranya, gak sesulit nyelesaiin permasalahan suatu resep obat :’)

Nite everybody~

Leave a comment