Obat Baru Untuk Hentikan Alzheimer

rawan-kriminalisasi_ikatan-apoteker-indonesia-minta-perlindugan-hukum_big__20120813124245_file_vino_cms

Alzheimer bisa jadi merupakan penyakit yang mengerikan karena dapat merenggut kehidupan seseorang. Kini studi memberikan harapan baru dengan menemukan obat untuk menghentikan perkembangan alzheimer.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan alzheimer adalah penyebab keempat kematian di negara dengan pendapatan tinggi karena meningkatkan populasi penuaan di seluruh dunia.

Kini ilmuwan dari Salk Institute for Biological Studies memberikan harapan tinggii utuk obat baru karena mampu meningkatkan memori dan mencegah kerusakan obat pada tikus. Sehingga menjadi kandidat yang menjajikan sebagai obat pertama yang mampu menghentikan perkembangan alzheimer pada manusia.

Tim salk mengembangkan metode dengan meggunakan senyawa timbal yang awalnya digunakan untuk pengobatan stroke dan cedera otak yang dikombinasikan dengan hasil tes dari senyawa kimia.

Tapi tim peneliti menemukan senyawa ini bisa mengubah struktur kimia untuk membuat obat alzheimer menjadi jauh lebih kuat  atau dikenal sebagai J147. Hasil studi ini diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE.

“Alzheimer adalah penyakit yang kompleks, tapi perkembangan di dunia farmasi sering difokuskan dalam jalur amiloid yang gagal saat uji klinis,” ujar Marguerite Prior yang memimpin studi bersama Qi Chen, Selasa (20/12/2011)

Prior menuturkan sebaliknya dengan menguji senyawa ini dalam kultur sel hidup, maka bisa menentukan apa yang dilakukan oleh sel terhadap berbagai masalah yang berkaitan dengan usia dan memilih cara untuk mencegahnya.

“J147 meningkatkan memori dan juga melindungi otak dari kehilangan koneksi synaptic. Saat ini tidak ada obat di pasar untuk alzheimer yang memiliki kedua sifat ini,” ujarnya.

Tim mengungkapkan J147 ini akan diuji untuk pegobatan alzheimer pada manusia dalam waktu dekat. Karena kemampuannya luas untuk melindungi sel-sel saraf, maka kemungkinan obat ini juga efektif untuk mengobati gangguan neurologis lain seperti parkinson amyotrophic lateral sclerosis (ALS), serta stroke.

Course: http://www.ikatanapotekerindonesia.net/pharmacy-news/34-pharmacy-news/1862-penemuan-obat-baru-untuk-hentikan-alzheimer.html

Leave a comment